APA ITU TEKNIK GOLDEN RATIO DALAM DESAIN, DAN BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN NYA

Golden Ratio hanyalah sebagian kecil dari matematika dan seni. Tetapi dengan desain, Golden Ratio berperan sangat penting untuk menciptakan keseimbangan dan kepuasan visual. Karena dengan menggunakan teknik Golden Ratio Pembuatan sebuah Logo atau Manipulasi akan tersusun rapih dan mempunyai lekukan yang sempurna.

Golden Ratio (Golden Ratio / TLV) adalah salah satu komponen kecil yang sama pentingnya dalam matematika, sering ditunjukkan oleh karakter φ (phi) dalam alfabet Yunani dalam ingatan Phidias , pematung candi Parthenon. 

Kita dapat melihat keberadaan persentase Golden yang sangat tinggi di alam. Dengan desainnya, TLV membantu pekerjaan desain Anda menjadi sangat epic, elegant dan menarik

Berdasarkan urutan angka Fibonacci, Golden Ratio menggambarkan hubungan antara dua rasio. 

Angka-angka Fibonacci, seperti elemen lain di alam, mengikuti rasio  1: 1.61 - Seperti itulah Golden Ratio terbentuk.


APA ITU TEKNIK GOLDEN RATIO DALAM DESAIN, DAN BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN NYA


Golden Ratio memiliki hubungan antara dua angka dalam urutan nomor Fibonacci ...




dan hasil dari hubungan ini telah terbentuk spiral yang banyak ditemukan di dalam desain logo


Diperkirakan bahwa Golden Ratio telah digunakan selama setidaknya 4.000 tahun dalam seni manusia dan dalam desain, dan bahkan mungkin lebih dari itu - beberapa orang berpendapat bahwa orang Mesir kuno menggunakan prinsip proporsional golden untuk membangun piramida. Dalam kontemporer, Golden Ratio dapat dilihat, ada dalam karya musik, karya seni dan desain, di sekitar Anda.

Teknik Golden Ratio Dalam Kontruksi

Cara menggunakan Golden Ratio adalah cara yang sangat bagus dalam seni dan desain di seluruh proses historis, dan Anda dapat melihatnya di semua bangunan dari para ahli konstruksi. Dengan menerapkan metode yang sama, Anda dapat membawa kepekaan, kenyamanan dalam desain. Ini hanya beberapa contoh yang menginspirasi Anda:





  • Arsitektur Yunani kuno menggunakan Golden Rasio untuk menentukan hubungan antara lebar bangunan dan ketinggiannya, ukuran teras dan bahkan posisi struktur kolom. Hasil akhirnya adalah sebuah bangunan yang kita lihat sepenuhnya dalam proporsi.

Leonardo da Vinci's "Last Supper."
  • Leonardo da Vinci serta banyak seniman lain selama berabad-abad, menggunakan aturan Golden Ratio untuk menciptakan karya yang indah dan abadi hingga hari ini.

Contoh Pada Desain Web ( Layout )




Direktur kreatif Twitter Doug Bowman memposting gambar ini di situs Flickr untuk menjelaskan bagaimana dperusahaan menggunakan Golden Ratio dalam desain ulang pada 2010. "Kepada siapa pun yang ingin tahu tentang rasio # NewTwitter, untuk mengetahui bahwa kami tidak mengabaikan rasio apa pun," jelasnya.

Apple iCloud



Desain logo iCloud Apple didasarkan pada dasar matematika yang kuat dari Golden Ratio, seperti yang dijelaskan Takamasa Matsumoto dalam posting blognya (versi Jepang  ) dan ditampilkan dalam gambar. Catatan di bawah ini



Di Kehidupan Nyata ( Dalam Sebuah Tanaman )



Ada banyak contoh Golden Ratio di alam - Anda dapat mengamati proporsi segala sesuatu di sekitar Anda! Bunga, kerang laut, Kulit Buah Nanas, dan bahkan sarang lebah semuanya memiliki proporsi dan prinsip yang sama. Jadi, menggunakan Rasio Emas dalam pekerjaan desain Anda sangat cocok.

Post a Comment